• (024) 921010
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Aplikasi Agro Jowo adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan CV Oxy Consultant sebagai lembaga konsultan di bidang IT. Aplikasi ini merupakan pengembangan dari Sistem Informasi Agro yang digagas oleh Distanbun Jateng bidang Pemasaran dan bina Usaha untuk mengatasi masalah pemasaran yang selama ini dikeluhkan oleh para petani di Jawa Tengah.

Aplikasi ini bisa diakses melalui android dan web. Aplikasi ini sebagai media untuk pemasaran yang sifatnya B2B bagi para petani atau ukm di bidang olahan hasil pertanian, perikanan dan peternakan, serta para pelaku usaha atau pedagang baik usaha perdagangan dengan penjualan di lokal atau ekspor. Melalui aplikasi ini, para petani dapat mencatatkan hasil panen, para pelaku usaha olahan agro dapat memposting produk-produk hasil olahannya, serta para pedagang akan mudah mendapatkan informasi komoditas pertanian dan hasil olahan agro untuk dijual dalam jumlah besar, baik untuk pasar lokal maupun pasar ekspor.

Visi Agro Jowo

Visi AgroJowo ini adalah meningkatkan kesejahterakan para petani, pelaku usaha olahan agro dan pedagang melalui aplikasi yang menyediakan sarana untuk kemudahan akses (accessibility) terhadap komoditas agro baik bagi petani dan pedagang sehingga bagi petani akan memudahkan penjualan produk/hasil panennya, dan bagi pedagang akan memudahkan mencari barang yang dibutuhkan kliennya.

Misi Agro Jowo

Misi Agrojowo ini adalah:

  • Menyediakan sarana untuk mencatatkan berbagai produk pertanian baik hasil panen dan asil olahan agro.
  • Mempertemukan antara petani dan pelaku usaha olahan agro dengan para pedang yang membutuhkan produk tersebut.
  • Menyediakan sarana-sarana yang akan mebantu bagi para petani, pelaku usaha olahan agro serta para pedagang dalam mendukung usahanya, misalnya aplikasi ini menyediakan data harga komoditas, data supplier pertanian, data buyer untuk komoditas agro, dan lain-lain.
  • Menyediakan sarana berkomunikasi antar anggota di aplikasi ini sehingga memudahkan bagi para petani dan pedagang untuk mengatasi masalahnya di bidang pemasaran.
  • Menyediakan katalog online di web agrojowo.biz. Katalog online ini berisi produk-produk unggulan jawa tengah yang akan dipromosikan ke berbagai negara secara online sehingga peluang untuk mendapatkan pembeli atau buyer akan lebih besar lagi.

Tim Admin AgroJowo terdiri dari beberapa personal yang akan bekerja menurut bidang keahlian masing-masing.Tim Admin ini terdiri dari:

  • Jasmadi (Koordinator Tim AgroJowo.biz)
  • Didit (Admin web agrojowo.biz)
  • Aldi (Admin web agrojowo.biz/komoditas)
  • Rizky (Admin digital Marketing - SEO dan Submit Web)
  • Adhika (Admin marketplace global - kontak dengan buyer)

Produk-produk unggulan dari para petani atau produk olahan agro akan kami promosikan. Proses promosinya adalah, para petani harus memiliki program ini, melakukan pendaftaran untuk bisa login dan bisa memposting produk-produk unggulan yang dimilikinya. Selanjutnya tim Admin akan mengelola produk tersebut ke dalam database produk unggulan Jawa Tengah dan memposting ke dalam katalog yang ada di web agrojowo.biz.

Selain memposting ke dalam katalog web agrojowo.biz, tim Admin juga akan mempopulerkan produk unggulan di Jawa Tengah melalui berbagai cara di dunia maya. Submit ke berbagai search engine, sosialisasi di media sosial, dan memposting ke marketplace-marketplace di dunia. Melalui upaya-upaya ini diharapkan produk-produk unggulan di Jawa Tengah akan ditemukan oleh calon pembeli atau buyer dan bisa terjadi penjualan.

 


© 2021 AgroJowo, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah.